Tuesday, January 3, 2012

Cara Menambah Cydia Repository/Source di iPhone, iPad dan iPod Touch Secara Manual


Bagaimana Cara menambah cydia repository/Source di iPhone, iPad dan iPod Touch anda yang sudah di jailbreak secara manual? Jika anda sudah tidak asing dalam penggunaan Cydia, tutorial ini tidak perlu anda baca lagi tetapi jika anda baru dalam hal jailbreaking mungkin tutorial dasar berikut ini akan sedikit membantu anda.
Ketika anda telah melakukan jailbreak iDevice anda, sudah pasti icon Cydia sudah ada di homescreen, tetapi repositori yang ada di Cydia sangatlah terbatas, sehingga masih banyak aplikasi-aplikasi yang anda inginkan belum ada di Cydia.

Jika anda ingin menambah aplikasi-aplikasi yang anda inginkan dari repo yang lain anda harus menambahkan URL repo tersebut secara manual di Cydia. Contohnya jika anda ingin menambahkan aplikasi yang di sebut MobileTerminal di iOS 4.0, tetapi versi yang ada di Cydia sudah tidak mendukung iOS 4.0, karena itulah anda harus menambah source/repo yang lain untuk menginstall MobileTerminal versi yang sebelumnya.

Pada Tutorial berikut akan dijelaskan bagaimana untuk menambah Cydia Repository/Source di iDevice anda secara manual.
  • Pertama buka Cydia anda melalui icon yang ada di homescreen
  • Setelah Cydia terbuka anda akan menemukan 5 tab di bawah dan pilih Tab Manage.
  • Setelah di tab Manage, tap (touch) di Sources
  • Di Sources akan kelihatan source apa saja yang sudah anda install, termasuk souces bawaan Cydia.
  • Sekarang untuk menambah URL sources yang anda inginkan tap di edit yang ada di sebelah kanan atas dan akan terlihat seperti ini:
  • Setelah itu sekarang tap di add yang ada di sebelah kiri atas dan akan muncul pop-up seperti ini:
  • Sekarang masukkan URL source anda di pop-up tersebut, saya masukkan official cydia repository cara-jailbreak yaitu: http://cydia.myrepospace.com/uMMauRban/ (URL yang dimasukkan harus benar)
  • Setelah anda memasukkan URL nya, sekarang tap Add Source yang ada pop-up kemudian biarkan Cydia menginstall source tersebut.
  • Kemudian tap Return to Cydia, sekarang tap di source yang baru anda masukkan maka akan terlihat aplikasi apa saja yang ada disana.
  • Anda tinggal memilih aplikasi apa yang anda ingin install.
Tips: Sebelum anda menginstall suatu aplikasi di Cydia, sebaiknya anda baca dulu keterangannya, fungsi dari aplikasi tersebut juga lihat screenshot yang disediakan.



Gampang bukan? Anda baru saja menambahkan source ke cydia secara manual ke iDevice anda. Jika anda mempunyai pertanyaan, komentar atau apapun, boleh disampaikan melalui kolom komentar di bawah. Untuk daftar Cydia repository terbaik dapat anda lihat disini. Jika anda ingin membaca tutorial yang lainnya bisa di baca di Tutorial Jailbreak.

No comments:

Post a Comment